Doa Bersyukur Atas Nikmat Yang Allah Berikan

Assalamualaikum...

Bersyukur kepada Allah merupakan kewajiban kita selaku hambanya. Bersyukur atas apa? atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita terutama nikmat iman dan islam. Apabila kita menghitung nikmat yang telah kita dapatkan, kita tidak akan mampu menghitungnya meski menggunakan mesin canggih sekalipun.

Begitupun apabila kita ingin membalasnya dengan ibadah, kita tidak akan mungkin mampu membalasnya meskipun seluruh umur kita di habiskan untuk ibadah. Maka dari yang wajiblah bagi kita untuk selalu bersyukur.





doa bersyukur, doa syukur


Sudahkah hari ini sobat bersyukur? Apabila belum silahkan beryukur, karena bersyukur itu sangat mudah kita hanya harus mengucapkan kalimah ألحد لله.

Bersyukur sangat banyak manfaatnya, di antarnya nikmat yang telah kita dapat tidak akan berkurang malah akan bertambah dan tetap, namun apabila kita mengkufurinya maka nikmat yang kita dapat akan berkurang dan lenyap.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :


أَلنِّعْمَةُ إِذَا شُكِرَتْ زَادَتْ وَقَرَّتْ وَإِذَا كُفِرَتْ فَرَّتْ نَقَصَتْ




Artinya:
Nikmat itu apabila di syukuri maka akan bertambah dan tetap. Dan apabila di kufuri maka akan kabur dan berkurang

Seperti yang sudah saya bahas di atas bersyukur itu mudah cukup membaca kalimah hamdalah namun sebenarnya ada pula doa yang bisa kita baca ketika kita mendapatkan nikmat dari Allah SWT.

Doa bersyukur:


رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ


"ROBBI AUJI'NII AN ASKURO NI'MATAKALLATII AN'AMTA ALAYYA WA ALAA WALIDAYYA WA AN A'MALA SHOOLIHANG TARDHOOHU WA ASLIH LII FII DZURRIYYATII INNII TUBTU ILAIKA WA INNII MINAL MUSLIMIIN"

Artinya:
Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebaikan yang Engkau ridhai, serta berilah kebaikan kepadaku sampai kepada anak cucuku. Sungguh aku bertaubat kepada Engkau, dan sungguh aku adalah termasuk orang muslim." (QS. Al-Ahqaf : 15)

Doa bersyukur (doa nabi Sulaiman A.S) :


رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَعَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ


"ROBBI AUJI'NII AN ASKURO NI'MATAKALLATII AN'AMTA ALAYYA WA ALAA WALIDAYYA WA AN A'MALA SHOOLIHANG TARDHOOHU WA ADKHILNII BIROHMATIKA FII IBAADIKASSHOOLIHIIN"

Artinya:
"Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebaikan yang Engkau ridhai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh." (QS. Al-Naml : 19)

Itulah sobat doa syukur yang bisa sobat baca, mulai sekarang biasakanlah baca doa di atas ketika mendapatkan nikmat dari Allah SWT.
Semoga bermanfaat.












Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "Doa Bersyukur Atas Nikmat Yang Allah Berikan"