Doa Sebelum Belajar Agar Mudah Hafal Dan Paham

Assalamualaikum.
Belajar atau menuntut ilmu merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim sebagaimana sabda Rasulallah yang artinya "menuntut ilmu di fardukan bagi umat muslim.Maka hendaklah kita selaku umat muslim yang taat harus menuruti apa yang di sabda kan oleh nabi kita.


doa sebelum belajar agar mudah hafal dan faham

Terutama belajar ilmu yang memang penting bagi kehidupan kita contohnya belajar ilmu agama islam, mulai dari ilmu tauhid agar nilai keimana kita benar benar sempurna , ilmu fiqih agar ibadah kita kepada Allah tidak sia sia, ilmu tajwid agar bacaan Alquran kita sesuai dengan kaidah kaidah yang seharusnya dan sesuai maknanya, ilmu tasawuf agar kita senantiasa bertaqwa kepadanya dan ilmu agama lainnya.

Selain merupakan kewajiban pada hakikatnya belajar merupakan kebutuhan semua umat manusia , dan tanpa sadar pun ketika kita terlahir ke dunia sampai keadaan sekarang ini kita telah melalui suatu proses dan proses itu adalah belajar

Tanpa belajar kita tidak mungkin bisa seperti sekarang ini ,contohnya sewaktu kita masih bayi kita mulai belajar berjalan sampai akhirnya bisa berjalan dan masih banyak contoh lainnya dengan di bimbing orang tua kita yang dengan sabarnya selalu mengajarkan kita.

Jika kita ingin menguasai suatu hal entah apa pun itu yang bermanfaat tentunya maka kita harus belajar, mempelajari sedikit demi sedikit sampai akhirnya benar benar faham dan menguasainya.
Namun terkadang adakalanya kita mengalami kesulitan saat belajar, apa yang kita pelajari susah di fahami dan susah hafalnya. Ada 2 hal yang mungkin menjadi penyebabnya.

Pertama diri kita terlalu berlumuran dosa , karena ilmu itu adalah cahaya Allah SWT yang di berikan kepada Hambanya maka sudah di pastikan jika diri kita berlumuran dosa  maka kita akan sulit menerima ilmu yang di berikan Allah SWT, saya teringat dengan cerita imam syafi'i yang bertanya kepada gurunya imam waki'.

Ketika itu imam syafi'i bertanya kepada imam waki' tentang susahnya ia dalam menghafal ilmu, lalu imam waki' meberikan petunjuk kepada imam syafi'i supaya ia meninggalkan maksiat. Jadi sudah jelas dengan diri yang bersih dari dosa kita akan mudah menyerap ilmu yang kita pelajari.

Kedua, menurut saya ketika kita akan mulai belajar kita tidak membaca doa, seharusnya kita membaca doa terlebih dahulu meminta kepadanya agar d beri kemudahan dalam memahami dan menghafal apa yang sedang kita pelajari.

Maka dari itu sesuai dengan judul tulisan ini saya akan berbagi bacaan doa yang harus di baca ketika akan memulai pelajaran.

Doa sebelum belajar:

رَضِيْتُ بِاللّٰهِ رَبَّا وَبِالْإِسْلاَمِ دِيْناَ وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَّا وَرَسُوْلَا 

 رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْن

"Aku ridho Allah SWT sebagai tuhanku, islam sebagai agamaku, dan Nabi muhammad SAW sebagi nabiku dan rasulku, Ya Tuhanku tambahkan kepadaku ilmu, berikan karunia bagiku untuk memahaminya dan jadikan aku termasuk golongan orang soleh"

Itulah doa sebelum belajar agar mudah hafal dan faham. Selain membaca doa di atas belajar berulang ulang juga harus di lakukan agar membantu memudahkan dalam proses belajar maka dari itu jangan bosan dalam belajar.



Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "Doa Sebelum Belajar Agar Mudah Hafal Dan Paham"